Wednesday, August 2, 2017

Mengenal tanaman aquascape rotala hijau


Rotala Hijau

Pecinta aquascape tentu selalu berkeinginan untuk memiliki tanaman yang unik dan menarik. Salah satunya yaitu tanaman rotala hijau. Tanaman yang satu ini sangat cocok sekali bila anda tempatkan pada sebuah akuarium yang berukuran kecil. Tanaman rotala hijau termasuk dalam tanaman batang yang sudah begitu popular dimasyarakat bahkan sangat cocok sekali bagi anda yang masih pemula dalam bidang aquascape. Tanaman rotala hijau ini diyakini bisa tumbuh dengan segala kondisi.

Pantas saja jika para pecinta aquascape lebih memilih tanaman rotala hijau untuk menghiasi akuariumnya. Apalagi kini sudah tersedia beragam jenis rotalla mulai dari rotalla hijau hingga rotala merah sekalipun. Perawatan untuk tanaman ini juga terbilang begitu mudah sekali. Sehingga anda tidak perlu bingung lagi jika ingin memilikinya. Sebenarnya cara menumbuhkan tanaman rotala hijau ini sangat mudah sekali. Meskipun banyak jenis rotala yang sudah hadir namun rotala hijau masih menjadi pilihan utama bagi para aquascape.

Namun bagi anda yang belum mengetahui tanaman ini tentunya sedikit bingung dengan cara perawatannya. Padahal mudah sekali jika anda mengetahui caranya. Jika anda penasaran dengan cara pertumbuhan tanaman ini, ada baiknya anda simak berbagai tips berikut ini:

• Pergunakan pinset. Untuk memudahkan pembagian dalam beberapa individu saat pertama kali anda membelinya biasanya tanaman yang satu ini dalam bentuk pot. Anda bisa membaginya dalam beberapa individu atau bahkan beberapa kelompok sekalipun. Dengan mempergunakan pinset memang lebih memudahkan anda untuk pembagian tanaman.

• Menggunakan substrate yang kaya nutrisi. Dengan banyaknya nutrisi yang tersedia tentunya bisa membantu pertumbuhan tanaman rotala ini. Anda pun juga perlu merawatnya dengan baik dengan memberikan pupuk cair serta injeksi CO. dengan pemberian pupuk maupun injeksi ini pastinya tanaman rotalla bisa tumbuh dengan subur sesuai harapan anda.

• Pangkas batang pada bagian node daun. Anda tentunya bisa memangkas tanaman rotala hijau ini pada bagian pangkal batangnya menggunakan gunting. Biasanya 2 tunas yang baru bakalan muncul pada setiap node yang akan anda potong. Apabila anda menginginkan perbanyak Rotala maka anda pun bisa mengulangi proses pemotongan batangnya. Di dalam akuarium dengan pencahayaan yang terbilang tinggi, injeksi CO2 dan juga diberi nutrisi tentunya mampu membuat perkembangannya semakin bagus. Tanda dari berjalannya proses fotosintesis maka akan muncul gelembung oksigennya. Anda juga bisa melakukan pemangkasan setiap minggunya supaya perkembangannya lebih baik.

• Menggunakan pencahayaan yang pas. Tanaman rotala yang satu ini bisa tumbuh dengan baik jika anda menggunakan 2 buah lampu T8 yang mana dilengkapi dengan adanya reflektor. Sedangkan untuk jarak antar lampu tentunya bisa sekitar 45cm. pencahayaannya kurang lebih selama 8 jam perharinya. Pencahayaan yang cukup memang berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Sehingga anda perlu tahu seberapa kebutuhan cahaya untuk tanaman rotalla ini.

Memang banyak sekali pilihan tanaman yang dipergunakan untuk memperindah isi akuarium anda. Mungkin bagi pecinta aquascape merasa ingin sekali memiliki tanaman yang satu ini. Memang banyak sekali pilihan tanaman yang bisa dijadikan pilihan mulai dari yang mudah perawatannya hingga yang sulit sekalipun. Selain itu harganya pun juga sangat bervariasi sekali. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa tanaman rotala hijau ini memang disukai oleh para penghobi aquascape. Hal ini dikarenakan pertumbuhannya yang mudah serta sangat indah jika ditaruh dalam akuarium.



loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon