Thursday, June 8, 2017

Jenis Filter Yang Bagus Untuk Aquascape


Filter merupakan alat yang wajib ada dalam sistem aquascape karena memiliki tugas penting, selain menyaring kotoran yang ada di air juga berfungsi menciptakan sirkulasi (putaran air) dimana sirkulasi ini di perlukan untuk tanaman maupun ikan yang ada di aquarium kita agar tetap sehat.

Filter juga memiliki peran sebagai tempat tinggalnya para bakteri baik / bakteri pengurai yang memiliki fungsi sebagai pengurai zat-zat beracun bagi ikan seperti amonia contohnya, maka dari itu filter memiliki peranan fital dalam aquascape dan seperti yang saya bilang tadi wajib ada.

Jenis filter untuk aquascape juga ada banyak macamnya namun hanya ada 3 jenis filter yang bagus dan di rekomendasikan untuk digunakan dalam beraquascape berikut ini adalah jenis jenis filter yang bagus untuk aquascape :

1. Filter External / Canister filter

Filter external atau biasa disebut canister filter ini memiliki kemampuan kinerja yang paling bagus dari segi penyaringan maupun sebagai rumah bakteri karena memiliki ruang penyaringan yang lebih besar dari pada filter yang lain dan memiliki beberapa lapisan materi penyaring seperti karbon aktif, spons, biobal, biokeramik.

Kekurangan dari filter jenis ini adalah harganya yang cukup mahal namun juga ada canister filter yang murah harganya di bawah 400 ribu ya tentunya hanya cocok untuk jenis aquarium di bawah 100cm, ada harga tentu ada rupa dan tentunya ada kualitas.

2. Filter Hang On

Seperti namanya filter ini penempatannya di gantung disisi aquarium filter hang on cukup diminati para aquascaper karena selain harganya lebih murah dari canister filter, filter ini juga memiliki ruang penyimpanan cukup luas sehingga bisa di isi meterial filter yang berlapis, namun semua itu kembali lagi tergantung pada ukuran filter dan merek filter.

Jika ingin menggunakan filter ini untuk aquascape sangat di sarankan air dalam aquarium di isi sampai menyentuh mulut output pada filter ini agar tidak terjadi riak air / kemericik yang mengakibatkan penurun carbon dioksida dalam air yang dimana sangat dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis.

3. Filter Internal
Filter ini di sebut filter internal karena pemasangannya di letakkan menggantung di dalam aquarium hehe filter ini cukup mampu menyaring kotoran dan dapt menjernihkan air serta memberi sirkulasi, namun kekurangan filter ini adalah kurangnya tempat bakteri baik untuk berkembang biak, dan karena berada di dalam aquarium filter ini cukup mengganggu pemandangan.

Itulah jenis - jenis filter yang bagus dan di rekomendasikan untuk di gunakan dalam beraquascape pemilihan filter yang tepat sangat mendukung keberlangsungan hidup kehidupan yang ada di ekosistem aquascape kita.

Tentu semua kembali pada perhitungan dasar, berapa ukuran aquariumnya? berapa volume airnya? berapa banyak jumlah ikan dan tanamannya? dan yang paling penting berapa banyak anggaran yang kita miliki untuk membelinya?

Jika ada pertanyaan silahkan coment di bawah ini, terimakasih telah membaca jangan lupa share dan semoga bermanfaat.
   


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon