Wednesday, March 29, 2017

5 Ikan Air Tawar Aquascape yang Paling Populer


Aquscape adalah bentuk dari hobi yang bisa memberikan ketenangan, terutama saat melihat ikan berenang bermain dengan lincahnya. Banyak orang sependapat dengan saya, kebahagian terbesar dalam membuat aquascpae, adalah keberhasilan dalam membangun ekosistem yang bisa dihuni dengan sehat oleh para ikan dengan berbagai macam tumbuhan di dalamnya.

Tentunya melihat ikan bermain diantara tumbuhan memperlihatkan pemandangan yang luar biasa indah. Hal itu bisa saja terjadi bila kita berhasil membuatnya, ikan juga makhluk hidup yang membutuhkan tempat yang nyaman untuk hidup dan berkembang. Jadi sesudah aquascape Anda siap, sebelum membeli dan mengisi penghuninya, sebaiknya pilih jenis ikan apa saja yang akan mendiami aquascape Anda.

Ada banyak jenis ikan di dunia ini, terbagi menjadi dua yakni ikan air tawar dan air laut. Bila Anda bingung, maka rekomendasi terbaiknya adalah ikan air tawar. Kemudahan dalam merawat menjadikan Anda lebih gampang mengurusnya dan membuatnya tetap sehat. Berikut ini jenis ikan tawar yang paling populer di dunia dan indonesia.

Jenis Ikan Air Tawar Terpopuler
 

1.    Manfish

Manfish

Ikan dengan bentuk tubu yang lebar ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat, ikan manfish memiliki corak yang luar biasa indah. Dengan warna hitam denga perpaduan warna lainnya menjadikan ikan ini seakan memberikan kesan kehidupan di dalam akurium sama dengan kehidupan di dalam lautan.

2.    Congo Tetra

Congo Tetra

Ikan yang membawa nama asal daerahnya ini memang banyak dicari oleh pecinta ikan tawar aquascape. Hampir banyak aquascape di dunia selalu memberikan tempat yang istimewa pada ikan satu ini. Memang bentuk yang mini dengan pantulan cahaya pada tubuhnya bila terkena sinar, membuat hal tersebut seakan indah berkelip-kelip di dalam air, kelebihan lainnya congo tetra ini adalah suka bermain dengan ikan lainnya dan mudah akrab. Hal itu membuat aktifitas ikan dalam aquascape menjadi lebih aktif.

3.    Neon Tetra

Neon Tetra

Dengan ukuran yang relatif kecil, neon tetra menjadi sangat aktif bila didalam akuarium lebih dari 3 sampi 4 ekor. Dengan menggunakan jenis ikan ini sebagai penghuni, tentunya ikan lain tidak akan pernah kesepian.

Baca juga : ikan neon tetra

4.    Guppy

Guppy

Siapa yang tidak kenal dengan ikan satu ini, jenis ikan air tawar yang banyak memiliki warna dan corak, sehingga tidak heran para kolektor sangat menyukai jenis ikan ini, kebanyakan ikan jenis ini di gunakan sebagai bentuk ketenangan dalam mencermati gerakan ikan. Sangat elegan bila corak dan warnanya unik.

5.    Sumatra Barb

Sumatra Barb

Jenis ikan air tawar dari sumatra ini juga tidak kalah menarik, ikan dengan fisik indentik dengan ikan red nose, akan tetapi hidung ikan ini lebih berwarna merah sehingga membuat tampilannya begitu unik dan lucu, bagian ujung ekor juga terdapat warna merah, hingga saat ini ikan ini lebih banyak diburu ketimbang lainnya.

Tips : bila Anda berencana menggunakan ikan air tawar sebagai penghuni aquascape Anda, sebainya jangan menggunakan jenis ikan air tawar yangb bersifat agresif. Seperti ikan cupang dan sebagainya.


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon