Friday, February 10, 2017

IKAN PEMBERSIH ALAMI AQUASCAPE, HARUS ADA!


Pencahayaan yang terang tentunya dalam akuarium akan menghasilkan alga, dan banyak pula lumut tumbuh berkembang bila kebersihan akuarium jarang dibersihkan. Hal iniliha membuat semua kepentingan dalam pembersihan akuarium itu diperlukan. Namun pernahkah Anda banyangkan kenapa laut itu terlihat begitu bersih didalamnya? Terlebih lagi bila Anda menyelam di area  berbatu karang, pasti terlihat jernih dan bersih.

Hal itu membuat para penyelam dan peneliti mencari tahu, dan alhasi ternyata Tuhan menciptkan ikan dengan tugasnya masing-masing melalui makanan yang mereka makan. Seperti halnya ikan dengan mengkonsumsi alga atau kotoran dalam air, bisa itu lumut, bisa juga sisa-sisa kotoran ikan lainnya.

Dan ternyata, didalam aquascape masalah alga merupakan masalah yang amat penting, hal ini karena bila alga menempel pada kaca dinding akan memperlihatkan sisi buruk dan kotornya akuarium tersebut, maka dari itu dengan memasukkan ikan pembersih alga merupakan masalah yang sangat penting. Namun bila akuarium Anda kecil, ikan jenis apa yang harus Anda masukkan? bingungkan?

Berikut ikan-ikan pembersih dan pemakan alga yang paling cocok untuk  aquascape.

•    Siamese Algae eater (SAE)

Saeeeee……, yap ikan jenis ini merupakan pemakan alga yang sangat rajin, sepeti tidak ada habisnya dia makan. Banyak para pengembang aquascape lebih memilih untuk memelihara ikan ini. untuk menjaga tingkat kestresan ikan SAE ini, sebaiknya ditempatkan pada Aquascape yang didalamnya ada jenis tanaman berdaun lebar, hal ini sangat membantu alga dalam mencari makan dan bermain. Selain itu ikan SAE ini gak pilih-pilih, jenis alga benang, alga apa aja yang penting ada dia sikat semuanya, apalagi bila didalam Aquascpae ada cacing pipih yang bisa mengganggu ekosistem, bisa menjadi makanan favorit si SAE ini itu cacing, harganya yang murah membuat banyak sahabat pencinta ikan menggunakan ikan ini sebagai pembersih.

•    China Algae Eater (CAE)

Selain SAE diatas tadi, ada ikan dengan nama yang hampir mirip yakni CAE. Ikan pembersih alga ini juga merupakan ikan paling laku dipasaran, sebab banyak yang memilih CAE ini karena warnanya yang indah dan memperindah akuarium, dengan panjang tubuh bisa mencapai 25cm membuat ikan CAE ini sangat dipercaya dalam menjada ekosistem, selain membersihkan seperti ikan SAE yang menjadi daya tarik ikan CAE ini adalah karena kegemarannya mengganggu ikan kecil, jadi seperti ada pertingkaian antara ikan CAE dan ikan lainnya namun hanya sebatas jahil, dan terpenting lagi hal tersebut justru menambah riuh dan unik akuarium.

•    Keong Tanduk (KEONG)

Ya bagi Anda tidak terlalu suka ikan pembersih akuarium, mungkin solusi satu ini bisa menjadi hal yang tepat. Yakni dengan menggantinya dengan keong tanduk, kelebihan dari keong ini selain memakan alga juga memperindah akuarium, hal ini dikarenakan keong tanduk berbeda dengan keong pada umumnya, sebab dalam keong tersebut ada tanduk yang muncul dengan beragam warna warni dari cangkangnya. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kesejuakan aquascape.

Itulah macam-macam jenis fauna pembersih akuarium.


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon