Sunday, January 15, 2017

Yuk Mengenal Lighting Aquascape


Lighting Aquascape

Lighting atau pencahayaan aquascape merupakan pemberian cahaya dengan tujuan menjaga kesehatan tanaman dan ikan yang berada di dalam Aquarium. Keutamaan dari pencahayaan bagi tanaman aquascape sangatlah penting, cahaya yang dipancarakan adalah sumber energy dari proses ketahanan hidup tanaman tersebut.

Disamping itu, cahaya yang dihasilkan dan dipancarkan lampu tersebut haruslah sangat terang. Perbandingan dasar dari system pencahayaan yakni bila sebuah tangki yang dangkal maka membutuhkan cahaya yang lebih sedikit dan bila tangki tersebut dalam maka sebaliknya. Suhu dari lampu juga perlu dijaga, yakni dengan kisaran 6700k hingga 10000k, suhu tersebut merupakan suhu dimana tumbuhan membutuhkan untuk tumbuh.

Pada masa dahulu, cahaya lamppu yang mampu memberikan energy tumbuh pada tanaman aquascape juga membutuhkan tegangan listrik yang berlebihan dibandingkan saat ini. Dengan kemajuan perkembangan teknologi saat ini, untuk memberikan penerangan yang tinggi hanya memubutuhkan tegangan listrik yang lebih hemat. Nah, untuk itu sahabat aquscaper, berikut lampu-lampu yang bisa menjadi rekomendasi untuk pencahayaan tanaman aquascape Anda.

Jenis Lampu Recommended Aquascape :

•    T5 Fluorecent
T5 merupakan teknologi lampu dari metal halide, dengan keunggulan lebih tipis dan juga lebih terang, T5 ini memberikan watt yang tinggi dengan pendistribusian lebih merata dalam akuarium. Tidak ada dampak beriak dalam akuarium dengan menggunakan T5 ini, melainkan hanya pancaran sinar merata dari kke tiap ujung akuarium.

T5 ini memiliki harga yang cukup terjangkau, akan tetapi T5 ini lebih sering diganti dari pada lampu LED yang banyak digunakan oleh umumnya, keuntungan menggunakan T5 ini lebih tipis dan juga lebih terang. Kelemahannya kurang efisien dibanding dengan perlengkapan LED.

•    Metal Halide
Lampu khusus ini sangatlah terang dari 100watt hingga 400watt, Metal Halida merupakan lampu khusus dengan kemampuan yang memberikan cahaya dengan efek berkilau dalam akuarium yang terkadang diinginkan oleh sebagian orang. Kekurangan dari Halida adalah panas yang berlebih pada bagian bawah lampu dan dalam penempatan harus digantung diatas akuarium.

Kekurangan lainnya adalah harganya yang belum ekonomis, dengan penerangan yang mampu bagian bawah akuarium dalam, sayangnya saat ini pengguna Metal Halide berkurang seiring munculnya T5S dan LED, hal itu dikarenakan meski energy output ketiga lampu tersebut sama, metal halide lebih boros strum/energy listrik.

•    LED
Lampu yang ketiga ini merupakan lampu yang paling banyak digunakan saat ini, karena keefisiennan yang lebih ekonomis dalam perlengkapan akuarium. Lampu LED menggunakan teknologi yang mendukung pertumbuhan tanaman dalam ruangan (indoor), lebih unggul dari pada lampu lainnya seperti T5 dan Meta Halide, LED menggunakan watt yang tinggi dengan kombinasi lensa dapat menerangi akuarium dalam hingga merata dan cahaya yang dikeluarkan lebih menyebar. 

Kelebihan dari LED ini adalah daya listrik yang sedikit mampu mengeluarkan cahaya yang sama dengan T5 atau Halide. Ukuran yang terbilang kecil memungkinkan setting tempat untuk lampu lebih mudah.

Pemilihan Lampu Akuarium

Memilih lampu akuarium harus menggunakan cahaya sekitar 6700k hingga 10000k (K = Kelvin, Satuan warna temperature), dengan diatas 6700k tersebut maka akuarium akan lebih terang dan berwarna putih, sangat indah untuk dipandang. Itulah beberapa lampu rekomended untuk anda, disetiap pembelian lampu pastikan dulu atuan K-nya dan pastikan barangnya berkualitas.


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon