Sunday, January 29, 2017

Tutorial Setting Tabung Co2 Pada Aquascape


Cara Pasang Tabung Cair Co2 Dalam Aquascape

Adapun yang dibutuhkan pada awalnya adalah perlengkapan Co2. Ada dua buah perlengkapan yang  bisa sobat gunakan, yakni perelngkapan yang sudah jadi dan tinggal pasang (namun dalam memasang harus berhati-hati) atau Co2 dengan cara membuat sendiri, dan dengan bahan alami. Akan tetapi, tutorial yang akan dijelaskan disini adalah tutorial setting tabung Co2 yang sudah siap/ perlengkapan yang dibeli dipasar.

Karena tabung Co2 itu bertekanan tinggi, dengan kadar Co2 cairnya sebanyak 1-5 liter maka dalam pemasangannya disarankan sangat hati-hati dan didampingi dengan ahli atau teman yang benar-benar pernah memasang tabung tersebut. sebab kalo tabung tersebut gagal akan membahayakan lingkungan sekitar dan terutama membahayakan kondisi ikan dan tanaman pada akuarium. Penasaran ka? Jadi silahkan simak tutorial berikut.

Cara Pasang Tabung Co2 dalam Akuarium

1.    Siapkan Bahan dan Peralatannya

•    Tabung Co2

Tabung Co2 yang tersedia di pasaran ada banyak dan dalam berbagai ukuran, yakni ada 1 liter, 3 liter dan 5 liter. Pilihlah tabung Co2 yang memakai bahan alumunium, sebab keunggulannya pada keawtan yang lebih tahan karat serta lebih ringan untuk diisi ulang, informasi pentingnya adalah harganya yang lumayan mahal saat pertama kali beli, namun pada pengisian ulang lebih murah, seperti gas untuk keperluan dapur.

•    Regulator

Komponen satu ini ada berbagai macam, yang berfungi mengeluarkan Co2 dari tabung dan meghubungkan ke komponen solenoid. Pada regulator pilihlah yang sudah lengkap dengan fungsi mengatur debit gas Co2/ semburan gas yang keluar dari tabung Co2 terebut.

•    Solenoid

Komponen satu ini merupakan alat yang cukup penting, dengan menggunakannya sobat bisa dengan mudah mengatur arus dan menghentikan arus serta timer yang bisa diatur secara otomatis dan mengetahui kadar yang dikeluarkan bisa diatur lebih hemat.

•    Bubble Counter

Komponen satu ini adalah penghubung solenoid dan diffuser yang bisa mengatur gelembung yang akan dikeluarkan oleh Co2 pada akuarium.

•    Diffuser

Komponen  satu ini digunakan untuk memecah gelembung yang dihasilkan oleh Co2 menjadi lebih halus lagi di dalam akuarium yang penuh dengan air.

•    Selang atau Tubing
 

Peralatan Tambahan Satu ini untuk menguhubungkan semua komponen

•    Co2 Drop Checker/ pengukur Kadar Co2

Alat tambahan yang bisa digunakan untuk melihat dengan jelas kadar Co2 yang larut didalam air. Dan juga bisa digunakan sebagai penanda jumlah yang tepat dan berlebih dalam Akuarium (untuk Drop Chacker Co2 ini hanya perlu ditempelkan pada pinggir atau kaca bagian dalam akuarium).

2.    Cara Memasang Tabung yang Baik dan Benar



•    Yang soabat perlu lakukan pertama kali adalah dengan menyediakan peralatan diatas, bila bahan-bahan sudah terkumpul maka jangan lupa berdoa terlebih dahulu biar lancar.

•    Kedua, pasanglah regulator tersebut pada tabung dengan penghubung yang bisa dengan mudah diatur dengan menggunakan kunci pas/kunci Inggris.

•    Lalu pasanglah peralatan solenoid pada komponen regulator.

•    Lalu berikutnya pasang selang kepada output solenoid yang sudah terhubung dengan regulator tadi dan hubungkan menuju bubble counter.

•    Lalu dari komponen bubble counter pasang kembali selang output menuju diffuser yang dimasukan ke dalam akuarium.

•    Finish, iya udah selesai.

WARNING!! BERHATI-HATILAH SAAT MEMASANG SETIAP KOMPONENNYA, BAHAN MUDAH TERBAKAR DAN BERBAHAYA.


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon