Friday, September 16, 2016

15 Kunci Utama Optimasi SEO OnPage


optimasi seo onpage

Di dalam membangun sebuah blog ada beberapa cara untuk melakukan optimasi SEO,  salah satunya adalah SEO onpage, optimasi ini cukup berpengaruh dalam seo sebuah blog, karena jika kita melakukan teknik ini artikel kita memiliki persentase top index google cukup besar.

Maka dari itu para pemilik blog entah yang professional atupun pemula sering menjadikan SEO onpage menjadi fokus utama dalam melakukan optimasi SEO blognya, karena memang untuk bersaing di top indek pencarian google dengan katagori keyword yang di bidik cukup sulit dan memakan waktu yang tidak sebentar.

Ok langsung saja, kita kupas satu persatu tentang 15 kunci optimasi SEO OnPgae ini

Menggunakan Judul Artikel Yang Mengandung Keyword

Kita tidak boleh sembarangan memilih/menggunakan sebuah judul artikel, karena judul adalah daya tarik pertama dari sebuah artikel, dan judul merupakan pintu bagi visitor untuk mengunjungi blog kita, dan yang terpajang di mesin pencari, lihatlah di mesin pencari jika kita mengetikkan sesuatu di pencarian web maka akan tampil paling mencolok  merupakan judul dari sebuah artikel maupun blog yang memiliki keyword sesuai dengan apa yang kita cari.

Maka dari itu menyisipkan keyword pada judul artikel merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan jika ingin berhasil bersaing di ajang pertempuran arena mesin pencari haha…

Menyisipkan Long Tail Keyword

Contoh jika kita ingin membidik keyword optimasi seo onpage maka lebih baik kita menyisipkan long tail keyword ini pada judul, atau bisa langsung menggunakan keyword tersebut sebagai judul artikel, tetapi agar lebih bagus dan unik kita sisipkan beberapa kata tambahan pendukung, misalnya saya menggunakan tambahan 15 Kunci di depan keyword, karena menurut pemikiran saya jika judul artikel di tambahai dengan angka seperti angka 16 di depannya bisa mengundang pengunjung dan lebih meyakinkan pengunjung dari sisi psikologis.

Menggunakan Tag <h1> untuk judul artikel

Tag h1 merupakan penanda dalam bahasa mesin untuk mesin pencari bahwa kata yang di dalam tag h1 merupakan judul dari sebuah artikel di blog, jadi tag ini cukup berpengaruh untuk seo onpage, jadi cek terlebih dahulu apakah template blog kamu sudah menggunakan tag h1 untuk judul artikel.

URL Yang Ramah Dengan Mesin Pencari 

Url yang ramah disini adalah url yang tidak mengandung karakter special seperti % & ? karena mensin pencari lebih memilih apa yang sederhana dan simple, URL yang buruk untuk mesin pencari contohnya sebagai berikut :
http://www.candrasp.com/16&kunci&utama&optimasi&seo&onpage/?
Adapun URL yang di sukai mesin pencari adalah :
http://www.candrasp.com/16-kunci-utama-optimasi-seo-onpage

Sertakan Gambar, video ataupun diagram di dalam artikel

Dalam sebuah artikel atau tulisan misanya di sebuah buku, secara psikologis manusia selalu memilik naluri dalam membaca melompat ke sebuah objek ilustrasi seperti gambar, dan membuat pembaca bisa cepat memahami tulisan karena adanya ilustrasi tersebut.

 Tak hanya itu, dalam hal ini gambar, diagram maupun video juga memiliki peran dalam pencarian, karena jika kita mencari sebuah gambar di mesin pencari di situ akan ada link sumber gambar, nah link sumber ini lah yang bisa menuntun ke situs kita, maka menyisipkan gambar, diagram maupun video di artikel bisa menambah luas cangkupan trafik pengunjung ke blog kita.

Optimasi Gambar 

Untuk meningkatkan kualitas seo onpage kita harus melakukan optimasi terhadap gambar yang ada di artikel, dengan cara menaruh keyword di title gambar serta Alt Text gambar tersebut. Ini berguna jika user melakukan pencarian gambar dan ibarat sebuah artikel jika judul atau title gambar mengandung keyword user bisa dengan mudah menemukan di mesin pencari.

Menggunakan Label yang berisi keyword

Label atau bisa di sebut sebagai kategori dalam sebiuah artikel merupakan suatu hal vital, menggunakan label sesuai dengan keyword bisa meningkatkan eksistensi artikel kita di mesin pencari, karena mesin pencari juga mengindex label dari sebuah artikel sebagai penggolong bahwa artikel ini memiliki kategori seperti yang di gunakan.

Letakkan keyword di 100 kata pertama dalam artikel

Seratus kata pertama menjadi deskripsi dalam pencarian, lihat saja jika kita mencari sebuah artikel tentang jadwal moto gp misalnya maka akan tampil di pencarian di bawah judul artikel dan url akan ada tulisan pendek yang mendeskripsikan dari tulisan di blog/web tersebut yang sesuai dengan kata pencarian kita.

Dan kadang saat kita melakukan pencarian di google deskrisi singkat  mengandung kata yang relefan dengan kata kunci yang kita cari akan di blok tebal, maka menyisipkan keyword di seratus kata pertama berfungsi untuk memper kokoh keberadaan keyword di artiek kita.

Menyisipkan LSI 

LSI bisa membantu kita agar terhindar dari penalty oleh google karena mengetikkan keyword derulang kali dalam sebuah artikel, cara menemukan LSI cukup mudah lihat pada saat melakukan penelusuran di baian bawah aka nada penelusuran yyang terkait dengan keyword, gunakan LSI tersebut dan sisipkan di judul, deskripsi, awal atau tengah artikel, dan untuk menulis internal link.

Menggunakan template yang responsive

Ini sangat penting karane google sekarang ini lebih memilih tampilan blog yang mendukung perangkat ber layar kecil seperti smartphone atau tablet, template yang bisa menyesuaikan dimensi layar secara otomatis merupakan hal yang wajib kita pertimbangkan karena pada kenyataannya sekarang ini orang lebih sering melakukan aktifitas browsing menggunakan smartphone.

Loading blog yang cepat

Pengunjung maupun mesin pencari lebih senang dengan situs atau blog yang memiliki proses loading ringan atau cepat, karena pengunjung biasanya akan mengabaikan/ mebatalkan kunjungan ke situs yang memiliki loading lama, karena memnag waktu itu berharga haha . . .
Untuk meminimalisir masalah ini hal yang paling sederhana adalah memilih template yang minimalis, dan jangan terlalu banyak mengunakan widget.

Menyisipkan Internal Link  

Menyisipkan internal link sangat bermanfaat untuk kita sebagai pemilik blog karena dengan menyisipkan internal link bisa menambah page view dari blog kita, penggunaan internal link tadaklah sembarangan internal link kita sisipkan pada artikel yang dimana link tersebut mengarah ke dengan topik bahasan yang sama, serta jangan terlalu banyak meletakan internal link cukup 2-3 internal link di dalam artikel.

Gunakan Outbond Link

Saya pribadi menggunakan outbond link ketika menjelaskan bahwa artikel ini sebagian mengambil refrensi dari Wikipedia atau situs lainnya, dan menyisipkan di bagian artikel.

Menggunakan Tombol Sosial Sharing

Dengan menggunakan tombol sosial sharing secara logika sederhana akan memudahkan pengunjung membagikan artikel kita ke akun media sosial mereka dengan begitu cangkupan menjadi luas dan kita bisa mendapat keuntungan bahwa blog kita bisa bertambah angka kunjungannya.

Membuat Konten Yang Panjang 

Konten yang panjang memiliki banyak keuntungan kenapa dengan artikel yang panjang dan berkualitas tentunya akan mengurangi rasio pantulan dari blog kita, sederhananya blog yang memiliki artikel panjang otomatis pengunjung memerlukan waktu yang lumayan lama untuk menyelesaikan membaca artikel tersebut, dan google mendeteksi bahwa pengunjung tersebut suka dengan isi konten blog kita, dan kemungkinan posisi kita akan naik di index penelusuran.

Demikian 14 kunci utama optimasi seo onpage di blog, semoga artikel ini bermafaat untuk Anda terimakasih . . .


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon