Tuesday, August 16, 2016

Tahukah Anda? Bendera Pusaka Indonesia ternyata dari Kain Tukang Soto.


"MERDEKAA!!!" Sebuah kata yang membuat darah mendidih serta emosi meledak-ledak bilamana terdengar oleh bangsa Indonesia dikala itu. sebuah kata yang tidak bisa diuacapkan sembarangan oleh bangsa Indonesia saat dimana bangsa ini masih dijajah oleh Belanda maupun Jepang. Namun, pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya pada pukul 10.00 WIB, Jumat pagi. Proklamasi disuarakan dengan lantang dan keras oleh Putra Fajar dengan segenap pejuang  bangsa Indonesia yang mengiringinya.

Banyak tangis, jeritan serta tawa yang mengiringi prosesi itu, sebuah kesakralan yang indah dengan doa serta pertanda kelahiran dari sebuah Negara yang diridhoi oleh Tuhan YME. Berbagai peristiwa terjadi sebelum menjelang proklamasi, namun yang kami beritahukan kali ini bukan napak sejarah tentang peristiwa-peristiwa sebelum Proklamasi.

Dalam Artikel kali ini akan kami bahas hal-hal unik yang terjadi pada detik-detik menjelang Proklamasi disuarakan dengan lantang.

Berikut beberapa hal unik yang terjadi menjelang Proklamasi.

1. Kain Sang Saka Merah Putih terbuat dari kain tukang soto

Banyak yang tidak tahu, namun kenyataannya pembacaan proklamasi adalah desakan dari pihak pemuda Indonesia untuk segera memproklamasikan kemerdekaan secepatnya.

Dengan persiapan upacara yang begitu mendadak maka Ibu Fatmawati menjahit bendera pusaka dengan kain sekedarnya, kain putih untuk bendera diambil dari sprai tempat tidur, dan yang merah diambil dari kain tukang soto.






 2.  Bung Karno sedang sakit kala upacara proklamasi

Dua jam sebelum proklamasi dikumandangkan, ternyata kesehatan Bung Karno sedang tidak baik, beliau terkena gejala penyakit malaria tertiana. Kesehatan Bung Karno memburuk setelah semalaman begadang merumuskan teks proklamasi bersama para pejuang lainnya di rumah Laksamana Maeda.

Sebelumnya Bung Karno dibangunkan oleh dokter pribadinya Dr. Soeharto, "pating greger" atau dalam bahasa Indonesia "sakit semua" keluh Bung Karno kala itu. setelah diobati oleh Dokter, beliau tertidur lagi dan terbangun pukul 09.00 WIB. lalu memproklamasikan kemerdekaan pukul 10.00 WIB.

3.  Naskah asli proklamasi ditemukan di tempat sampah

apakah Anda tahu bahwa naskah asli proklamasi ditemukan di tempat sampah?. naskah asli yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didekte oleh Bung Hatta ternyata dibuang ditempat sampah setelah diketik oleh Sajuti Melik.

Namun wartawan BM Diah kala itu menyadari bahwa naskah histori bangsa Indonesia itu sangat penting, dan disimpannya draft naskah itu oleh BM Diah setelah memungutnya dari dalam tempat sampah. Lalu pada 29 Mei 1992 draft yang berharga itu diserahkan kepada pemerintah setelah disimpan selama 46 tahun 9 bulan dan 19 hari.
Sungguh unik dan terimakasih kami bangsa Indonesia kepada BM Diah.

4. Negatif Film foto kemerdekaan disimpan di bawah pohon berkat kebohongan

Apa jadinya sejarah tanpa dokumentasi? hal yang terjadi adalah dimana pasukan Jepang mencari negatif foto milik fotografer Frans Mandoer yang dengan jelas mengabadikan moment bersejarah tersebut. Namun Jepang tidak tinggal diam, mereka mencari hasil foto tersebut.

Tapi Frans Mandoer tidak kehilangan akal dan beliau tahu resiko terbesar bahwa bukti yang penting itu bila jatuh ditangan pasukan Jepang. kemudian Dia pun berbohong bahwa negatif foto itu sudah diserahkan ke barisan pelopor (sebuah gerakan perjuangan). Mendengar jawaban itu, Jepang marah besar, padahal sebenarnya negatif foto itu ditanam di bawah pohon di halaman kantor harian Asia Raja. Setelah pasukan Jepang pergi negatif foto itu diupdruk dan disebarluaskan.

Itulah beberapa fakta yang unik dan sangat menyituasikan dimana saat itu mereka para pejuang/pahlawan benar-benar terdesak dan harus menggunakan beberapa cara demi memuluskan jalannya Kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Semoga di Hari Kemerdekaan yang Ke 71 ini, mereka para Pahlawan mendapatkan kedamaian yang sejati di alam sana, dan semoga Tuhan mengampuni segala dosa-dosa mereka. dan untuk Indonesia semoga menjadi lebih baik lagi serta maju terus moral bangsaku, sukses selalu.
MERDEKAAAAA...MERDEKAAA......


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon