Tuesday, June 21, 2016

Perawatan Carpet Seed Mini Dwarf Aquascape


Hallo, gimana carpet seed atau mini dwarf milik kalian sudah lebat dan tampil menawan? Pastinya, carpet seed atau bisa di sebut mini dwarf ini merupakan jenis tanaman yang tergolong mudah hidup dan cepat perkembangannya, tapi tidak menutup kemungkinan tanaman ini bisa mati, maka dari itu agar tampilan aquarium tetap menawan kita harus rajin merawatnya.

Pemangkasan Mini Dwarf
Pencahayaan dan CO2

Tanaman membutuhkan cahaya dan karbon dioksida untuk berfotosintesis, di alam cahaya di suplai dari matahari, dan kandungan karbon dioksida tersedia banyak di udara bebas, beda dengan kondisi aquarium kita, agar tanaman bisa hidup dengan baik kita harus melakukan penyinaran dengan lampu selama 7 - 8 jam setiap harinya, sedangkan untuk karbon dioksida saya sendiri sud melakukan injeksi dengan CO2 generator yang terbuat dari hasil reaksi sitrun dan baking soda, injeksi karbon dioksida saya lakukan hanya saat lampu menyala dengan takaran 1 buble perdetik. 

Walaupun tanaman ini bisa tumbuh hanya dengan penyinaran lampu tanpa disertai injeksi karbon dioksida, tapi menurut saya pribadi lebih baik melakukan injeksi CO2 agar tanaman bisa tumbuh dengan baik seperti seharusnya. Catatan : Usahakan air dari filter tidak gemricik agar kandungan karbon dioksida tidak menurun, dan usahakan flow air sesuai dengan jumlah volume air yang ada pada aquarium tujuannya agar kandungan oksigen dalam aquarium tetap tercukupi untuk kebutuhan ikan di dalamnya.

Setelah saya melakukan injeksi CO2 secara rutin ada perubahan di bentuk daun tanaman ini, setelah saya amati daunnya berubah menjadi besar dan memanjang dan menjadi kurang menarik, Saran saya tidak usah melakukan injeksi CO2 agar daunnya tidak berubah bentuk dan tetap enak di pandang.

Pemupukan  

Pemupukan dilakukan agar tanaman ini tidak kekurangan nutrisi, contoh tanaman kekurangan nutrisi di tandai dengan menguningnya daun, batang lunglai, dan tampilan tanaman tidak hijau segar, agar tidak terjadi kekurangan nutrisi pemupukan wajib di lakukan, saya sendiri melakukan pemupukan dengan dua jenis pupuk yang pertama pupuk cair, pupuk cair saya berikan seminggu sekali setelah melakukan penggantian air, dan pupuk tancap 2 bulan sekali.

Baca Macam - macam Pupuk Aquascape

Pemangkasan  

Pemangkasan juga wajib hukumnya karena jika tidak di pangkas tanaman ini akan tumbuh lebat bukan hanya tidak enak di pandang tapi juga tidak baik untuk kesehatan tanaman itu sendiri karena cahaya terhalangi oleh daun dan akhirnya tanaman ini tidak tumbuh subur merata, pemangkasan saya lakukan 1 bulan sekali.

Tiga langkah tersebut harus di tempuh agar tanaman tetap sehat dan bagus di pandang, semoga bermanfaat Terimakasih . . . 

   


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon