Friday, June 24, 2016

Macam - macam Pupuk Aquascape


Macam - macam Pupuk Aquascape, ya di dunia aquascaping pupuk adalah hal wajib digunakan untuk memberi tambahan nutrisi pada tanaman, seperti tanaman darat tanaman air juga membutuhkan nutrisi untuk hidup, jika kekurangan nutrisi tanaman akan terlihat layu dan warnanya pun akan memudar, tapi pupuk untuk aquascape berbeda dengan pupuk yang biasa di gunakan untuk tanaman darat.

Kunjungi : Pupuk murah untuk aquascape

Pemberian pupuk di aquascape itu ada beberapa cara, dan harus sesuai dengan dosisnya, jika kelebihan dosis akan mengakibatkan ketidak seimbangan ekosistem, akibatnya akan memicu tumbuhnya algae dimana algae sendiri menjadi musuh bebuyutan para pencinta aquascaping.

Berikut adalah macam - macam pupuk untuk aquascape :

Pupuk Dasar

Pupuk dasar

Seperti namanya pupuk dasar di gunakan dan di letakkan di dasar sbstrate, pupuk ini biasanya di pakai jika kita memakai pasar sebagai substrat, jika memakai soil tidak perlu memakai pupuk dasar sebab soil sudah mengandung banyak unsur hara, fungsi utama dari pupuk dasar adalah untuk membantu menaikkan unsur hara di media tanam, nutrisi yang ada di pupuk dasar ini di serap oleh tanaman melalui akar.

Penggunaan dan penempatan pupuk dasar :
  • Jika menggunakan rumah bakteri, atau bakteri starter pupuk dasar di letakkan berada di antara bakteri starter dan substrat, jadi bakteri starter dulu, kemudian pupuk dasar, lalu substrat.
  • Pupuk dasar harus di lapisi dengan substrat dengan lapisan yang agak tebal, pelapisan minimum memiliki ketebalan 1cm, tujuannya agar pupuk dasar tidak terurai kemana - mana yang bisa mengakibatkan ketidak seimbangan ekosistem tadi.
  • Pupuk dasar memiliki masa pakai, tergantung kecepatan penyerapan nutrisi tanaman.
Pupuk Cair

Pupuk cair


Pupuk cair merupakan pupuk pelengkap yang nutrisinya di serap tanaman melalui daun, ada 2 macam pupuk cair yang beredar di pasaran pupuk macro dan  micro, sesuai namanya pupuk macro memiliki unsur macro yang di butuhkan tanaman dan pupuk micro memiliki kandungan unsur micro.

Penggunaan pupuk cair adalah dengan mencampurkan pupuk di air aquarium dengan kadar tergantung pada keterangan produk pupuk cair tersebut, biasanya saya sendiri memakai pupuk cair 1 minggu sekali setelah melakukan penggantian air.

Pupuk Tancap

Pupuk tancap

Pupuk tancap adalah pupuk yang pemberiannya di tancapkan di substrate, pupuk ini biasanya berbentuk tablet dan ada juga yang berbentuk pasta, memiliki ciri fisik yang agak keras, pupuk ini bersifat slow release, jadi pupuk ini tahan sampai beberapa minggu sebelum hancur secara fisik, ketahanan pupuk ini dari segi nutrisinya tergantung penyerapan nutrisi tanaman itu sendiri, saya pribadi memberikan pupuk ini 1 bulan sekali.

Itulah beberapa macam pupuk untuk aquascape, pemberian pupuk yang rutin dan sesuai kadar adalah cara yang bagus untuk kelangsungan hidup tanaman. Semoga bermanfaat....

  


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon