Sunday, June 19, 2016

Cara Menanam Carpet Seed Aquascape


Kali ini saya akan membagikan cara penyemaian biji tanaman mini dwarf, biji tanaman ini bisa di beli disini dengan kisaran harga Rp. 50.000 untuk ukuran kemasan botol 15ml seperti gambar di bawah ini dan bisa Anda dapatkan benihnya disini

benih carpet seed

Yap langsung saja kita mulai penyemaian biji ajaib mini dwarf ini, langkah pertama siapkan alat dan bahannya dulu :
  1. Biji mini dwarf kemasan botol.
  2. Tank aquarium beserta lampu dan filter.
  3. Media tanam pasir malang, pupuk dasar tidak wajib.
  4. Semprot Burung.
  5. Kantong plastik.
  6. Gelang karet.
  7. Tusuk gigi.

Setelah alat dan bahan komplit kita masuk tahap penyiapan media tanama, media tanam saya menggunakan campuran pasir malang dan batu bata yang sudah di hancurkan sampai pecahan kecil-kecil gak sampai halus, lapisan pertama sebelum campuran pasir malang dan batu bata saya kasih pupuk dasar.

         Baca juga : Jenis-Jenis Substrat Untuk Aquascapae

Ketebalan media tanam saya adalah 2 cm kemudia saya genangi air sekitar 1 - 1,5 cm, genangan air tidak boleh sampai permukaan media tanam, tujuan penggenangan media tanamn hanya untuk menciptakan kondisi lembab terhadap media tanam, jika penggenangan media tanam sampai permukaan media tanam di kawatirkan akan menyebabkan benih menjadi busuk.
Kemudian ambil biji mini dwarf buka tutup karetnya, dan ganti dengan tutup plastik menggunakan kantong plastik tadi dan ikat kantong plastik tersebut dengan botolnya menggunakan karet gelang ikat dengan kuat, kemudian lubangi plastik menggunakan tusuk gigi sebanyak tiga lubang.

Cara penaburan seperti menaburkan merica bubuk, kocok atau goyangkan botol biji mini dwarf diatas media tanam, sebarkan biji sampai merata, jika penaburan dirasa sudah merata siapkan semprotan burung dan isi dengan air, putar pengaturan ujung semprot ke pengaturan yang paling lembut keluaran airnya, kemudian semprot biji mini dwarf yang sudah di taburkan tadi, catatan : penyemprotan bertujuan hanya melembabkan biji, jangan sampai air menggenangi biji.

Kemudian lakukan penyinaran dengan lampu selama 6 - 8 jam / hari, dan lakukan penyemprotan setiap pagi dan sore selama 7 hari, setelah umur 3 hari biasanya mulai ada tanda-tanda kehidupan dan umur 7 hari sudah bisa kita genangi dengan air penuh, kemudian kasih pupuk cair pada hari pertama penggenangan penuh aquarium, lakukan pengurasan 50% air di hari ke 2, 4, 6 dan 8 setelah penggenangan penuh.

Lebih jelasnya tonton video cara menanam carpet seed berikut ini :


Berikut tampilan tank milik saya, maaf umur 1 hari gak sempat memfoto :)

umur 3 hari
Umur 3 hari sudah mulai tumbuh

umur 7 hari
Umur 7 hari dan sudah di genangi air full

Umur 14 hari
Umur 14 hari dan siap di kasih ikan :)

Dan tahap terakhir adalah perawatan tanaman ini agar tetap hidup hijau rindang dan indah di pandang baca Perawatan Carpet Seed Mini Dwarf Aquascape
  


loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon